apa itu alat musik jimbe / djembe

Darbuka merupakan sebuah alat musik dalam kategori membranophone yang berasal dari negara timur tengah. Dikutip dari beberapa literatur, alat musik ini adalah musik tradisional Turki. Di masa lalu, Darbuka pernah menjadi alat musik paling populer dan fenomenal dalam musik Timur Tengah. Bahkan sampai sekarang, banyak orang di negara-negara Timur Tengah yang masih sering memainkannya.

Dahulu, darbuka ini sendiri terbuat dari tanah liat dan kayu yang dibuat mirip seperti piala atau gelas berkaki dengan bagian lubang yang besar (bagian atas) ditutup menggunakan kulit dan diikat dengan tali. Beberapa sumber pun mengatakan darbuka pertama kali dibuat dengan tujuan utama untuk memenuhi kebutuhan upacara budaya dan ritual tradisional. Oleh karenanya, kebanyakan orang menganggap bahwa darbuka ini menyerupai alat musik djembe/ jimbe yang berasal dari benua Afrika.

Darbuka di Indonesia

Di Indonesia, darbuka menjadi salah satu alat perkusi yang paling populer. Kehadirannya di tengah-tengah masyarakat Indonesia kini bisa dibilang setara dengan alat musik gitar. Ya benar saja, keberadaannya sangat mudah ditemukan hingga dimainkan lintas kalangan, oleh anak-anak hingga orang dewasa. Saat ini ia menjadi alat musik yang biasa dipakai dalam musik-musik religi, pengiring sholawat, atau musik gambus.

Modernisasi Darbuka

Seiring perkembangan zaman dan popularitas darbuka, kini ia mengalami berbagai macam modifikasi. Salah satunya yaitu dari segi bahan pembuatnya. Saat ini darbuka dapat dibuat dengan bahan logam cor khususnya aluminium sebagai pengganti kayu/ tanah liat pada bodynya. Penggunaan kulit hewan sebagai penutup/ membrannya pun juga dapat diganti dengan bahan semacam mika.

Modifikasi tersebut menghasilkan darbuka yang berbobot lebih ringan serta membuatnya lebih mudah dan leluasa dalam menghias/ mendekorasi body dengan berbagai macam motif. Meskipun begitu, kualitas suara dari darbuka aluminium ini tidak kalah dengan model darbuka tradisional. Tak heran, jika permintaan darbuka aluminium cor ini tak hanya dari penikmat tabuhan alat musik darbuka di wilayah Indonesia saja. Tetapi juga mampu menembus pasar asing.

Itulah ulasan singkat mengenai alat musik darbuka yang dapat kami sampaikan. Jika anda tertarik memiliki darbuka aluminium cor berkualitas dapat menghubungi kami melalui kontak yang tertera. Kami melayani pembuatan secara custom, dengan ukuran, warna, motif dapat disesuaikan dengan permintaan pelanggan.

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *