Skip links

Peran Kipas Oven Kayu Dalam Mesin Pengering Kayu

Mesin oven kayu/ kiln dry merupakan sebuah mesin pembantu yang harus ada dalam industri perkayuan. Mengapa? Karena sebelum diolah menjadi sebuah produk, kayu memiliki kadar air yang terkandung di dalam serat-seratnya. Kadar air ini sangat berpengaruh terhadap sifat mekanis kayu itu sendiri. Seperti halnya dapat mempengaruhi ketahanan, bobot, dan kekuatan kayu. Hingga dapat memicu timbulnya bakteri dan jamur yang dapat merusak kayu. Oleh karenanya, kayu-kayu tersebut perlu dikeringkan dengan oven pengering kayu agar kualitas kayu yang dihasilkan akan lebih baik, ringan, awet, terhindar dari serangga/ jamur, dll.

Komponen penting oven kayu, Kipas oven kayu

Bicara soal operasional oven pengering kayu, maka tidak bisa terlepas dengan komponen yang bernama kipas oven kayu. Kipas oven kayu menjadi salah satu bagian terpenting dalam oven kayu khususnya pada sistem distribusi dan stabilizer proses pengeringannya. Saking pentingnya, pemasangan kipas ini perlu dipersiapkan secara matang. Mulai dari jumlah dan posisi kipas perlu diatur sedemikian rupa agar dapat menjalankan fungsi pengeringan secara optimal.

Kipas oven kayu sebagai alat distribusi udara

Peran kipas oven kayu yaitu mensirkulasikan udara di dalam ruang oven (chamber) agar udara panas dapat merata ke seluruh ruangan. Yang kemudian membuat udara tersebut dapat masuk diantara celah-celah tumpukan kayu sehingga air pada kayu dapat menguap lalu berkurang. Selain itu, terdapat pula kipas yang bertugas untuk menarik panas uap air. Dan kipas untuk mengeluarkan udara dengan kelembaban tinggi dikarenakan kandungan uap air yang berasal dari kayu (udara jenuh) ke luar ruangan.

Selain kipas, komponen lain yang diperlukan di dalam sistem sirkulasi udara adalah motor (dinamo) untuk menggerakkan kipas, subcelling dan damper. Subcelling adalah ruang kosong di bagian atas chamber yang berfungsi sebagai lorong sirkulasi udara. Damper adalah “jendela” chamber kiln dry yang digunakan untuk mengeluarkan kelembaban udara.

Agar nantinya proses pengeringan kayu yang anda lakukan dapat berjalan optimal, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu beberapa hal penting dalam pengoperasian kipas pada mesin oven kayu berikut ini:

  1. Aliran udara satu arah (one way system) memiliki kelemahan, yaitu pengeringan tumpukan kayu menjadi tidak rata. Maka dari itu disarankan menggunakan aliran udara dua arah, internal fan (IF) type
  2. Arahkan aliran udara (kearah depan dan kebalikannya) yang berubah setiap dua atau empat jam
  3. Kecepatan aliran udara panas (air flow speedlwind velocity) sebaiknya 3 m/detik dan untuk mengukur gunakan anemometer
  4. Balik arah putar kipas secara berkala
  5. Putaran motor (dinamo) kipas yang disarankan adalah 3.450 rpm

Untuk menghasilkan sirkulasi udara yang sesuai, selain pengoperasian, juga dipengaruhi oleh desain kipas yang dipakai di dalam mesin oven pengering kayu kiln dry. Serta susunan kayu di dalam chamber itu sendiri. Udara yang bersirkulasi dengan baik, akan menghasilkan kering yang merata.

Demikian sedikit ulasan mengenai peran kipas oven kayu dalam mesin oven pengering kayu yang dapat kami sampaikan. Jika anda sedang mencari kipas oven kayu untuk industri kayu anda, kami menawarkan solusi terbaik pembuatan kipas oven kayu termurah berkualitas. Terlebih, kami adalah produsen yang mampu memproduksi secara custom/ made by order. Sehingga anda tak perlu khawatir lagi untuk bisa mendapatkan kipas oven kayu dengan spesifikasi, bentuk, dan ukuran yang benar-benar sesuai kebutuhan.

Leave a comment

Name*

Website

Comment

× Apa yang bisa kami bantu?